7 Tips Membuat Ruangan Kantor yang Nyaman Bagi Karyawan

7 Tips Membuat Ruangan Kantor yang Nyaman Bagi Karyawan

Desain Ruang Kerja Kantor – Menjadi daerah di mana para pekerja menghabiskan beberapa besar waktu mereka untuk berprofesi, telah selayaknya sebuah kantor berfungsi layaknya rumah kedua bagi mereka. Melainkan sebuah pertanyaan sering kali kali timbul di kalangan perusahaan, bagus perusahaan besar ataupun startup, “Bagaimana sistem membikin ruangan kantor yang nyaman dan produktif?”

Sedangkan berjenis-jenis sistem seperti Pomodoro dan GTD (Getting Things Done) bisa kau pakai untuk meningkatkan produktivitas, ada sebagian aspek lahiriah yang bisa kau terapkan di kantor supaya karyawan merasa nyaman — yang secara segera akan berpengaruh terhadap tingkat produktivitas mereka.

Memang tak ada jawaban yang pasti bisa mengakomodasi tiap-tiap keperluan karyawan di kantor, namun aku akan mencoba untuk membahas sebagian hal yang bisa kau lakukan untuk membikin ruangan kantor menjadi lebih nyaman dan produktif bagi karyawan:

 

1. Siapkan camilan sehat

Sumber produktivitas mungkin tersembunyi di dalam perut karyawanmu. Sebuah studi dari British Journal of Health Psychology pada tahun 2015 menemukan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur mempunyai peningkatan kadar kreativitas, keingintahuan, serta kesehatan.

Menyediakan camilan atau makanan sehat di kantor bisa menjadi salah satu sistem yang ampuh untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawan.

 

2. Pasang pencahayaan yang cukup

Dikala mata menangkap sinar yang cukup, otak akan melepaskan hormon “kebahagiaan” bernama serotonin, yang akan mengembangkan waktu tidur serta meningkatkan mood. Maka, sinar yang cukup pada waktu yang ideal akan mengembangkan produktivitas seseorang.

Kalau memungkinkan, atur desain kantor supaya ruangan menerima sinar natural dari luar — tanpa memperkenankan karyawanmu terbakar cahaya sang surya segera. Hal ini akan meningkatkan konsentrasi karyawan dibandingi dengan ruangan kantor yang memakai pencahayaan dari lampu.

Berdasarkan Russell Foster, seorang neuroscientist dari Oxford University, kalau manusia terpapar oleh sinar sebesar 1000 lux (satuan keterangan sinar), mereka mempunyai cukup sinar untuk membikin mereka terjaga.

Anggapan ini juga diperkuat oleh eksperimen yang dijalankan Lockheed Martin, di mana dia sukses meningkatkan produktivitas sebesar 15 persen saat mengadopsi desain kantor yang memanfaatkan sinar natural. Jadi, jangan abaikan aspek ini kalau kau berharap mengembangkan produktivitas karyawanmu.

 

3. Sediakan ruangan khusus untuk istirahat

Beristirahat sebentar di tengah-tengah aktivitas rupanya ternyata bisa meningkatkan produktivitas kerja. Sebuah studi menggambarkan bahwa seseorang yang mengambil istirahat sebentar di antara profesi mereka bisa berkinerja lebih bagus dibandingi dengan mereka yang berprofesi tanpa henti.

Supaya sesi istirahat bisa maksimal, kau bisa menyediakan sebuah ruangan khusus untuk rehat. Tak perlu terlalu mewah, cuma dengan sebagian beanbag dan buku-buku menarik supaya karyawan bisa rehat dengan bagus sebelum mereka kembali berprofesi.

 

4. Sediakan udara bersih bagi karyawan

Tiap-tiap perusahaan pasti melihat mutu udara yang ada di dalam kantor supaya karyawan lebih sehat — yang mana akan mengurangi kemungkinan mereka mengambil cuti sakit.

Melainkan sebuah studi memperlihatkan, bahwa udara yang bersih tak cuma berpengaruh pada kesehatan karyawan. Studi dari A National Research Council of Canada ini menemukan adanya kaitan antara tingginya angka karbon dioksida serta polutan lain di udara dengan rendahnya kepuasan pekerja kepada perusahaan.

Faktanya, buruknya mutu udara bisa mengurangi produktivitas karyawan sampai sembilan persen — sebuah angka yang cukup besar, terlebih seandainya memandang sungguh-sungguh mudahnya untuk mengoreksi problem ini.

Mutu udara bisa dengan gampang dibenarkan sesederhana membuka jendela untuk memperkenankan udara segar masuk ruangan. Seandainya kantormu berada di ruangan tertutup tanpa adanya jendela yang bisa dibuka, kau bisa berinvestasi pada sebuah air purifier.

 

5. Sediakan air minum yang cukup di tiap-tiap ruangan

Seluruh orang tahu pentingnya menjaga hidrasi tubuh dengan meminum air, namun hal ini sesekali tak menjadi prioritas utama bagi pekerja yang sibuk dengan rutinitas mereka. Para karyawan yang kurang mengkonsumsi air di keseharian mereka cenderung rentan untuk sakit, kurang maksimal untuk memroses kabar — sebab daya kerja otak yang kurang optimal, serta menurunnya daya kerja profesi.

Maka, sediakan air minum yang cukup di tiap-tiap ruangan kerja supaya para karyawan bisa menjaga hidrasi tubuh mereka dan berprofesi secara optimal. Opsi lain yang bisa kau lakukan yaitu dengan menyediakan buah-buahan segar di kulkas.

 

6. Sediakan meja berdiri

Popularitas ini telah dipersembahkan oleh Google, Facebook, dan Twitter lebih-lebih dulu untuk mempromosikan program kesehatan karyawan perihal buruknya pengaruh duduk terlalu lama di meja kerja. Sekarang, sebuah inkubator startup dari Latvia, juga mengungkapkan bahwa meja berdiri bisa meningkatkan produktivitas karyawan.

“Diperbandingkan dengan mereka yang tak memakai meja berdiri, produktivitas karyawan yang mengaplikasikannya sepuluh persen lebih tinggi,” ujar Julia Gifford dari Draugiem Group.

Sementara itu, para peneliti dari Texas A&M juga memberikan sekelompok pelajar meja berdiri untuk mereka pakai selama satu tahun. Sebagai kesudahannya, para pelajar hal yang demikian mempunyai motivasi belajar 12 persen lebih tinggi dibandingi dengan mereka yang tak memakai meja berdiri.

 

7. Hadirkan tanaman hijau di dalam kantor

Pada tahun 2013, University of Exeter berprofesi sama dengan Indoor Garden Design dalam eksperimennya membongkar bahwa tanaman hijau yang ada di dalam kantor ternyata menolong untuk meningkatkan kebugaran karyawan sampai 47 persen, mendongkrak kreativitas sampai 45 persen, dan menaikkan tingkat produktivitas sampai 38 persen.

Sebuah studi dari Texas University juga membongkar bahwa adanya kekerabatan antara bunga dan tanaman di daerah kerja dengan tingginya tingkat produktivitas, yang mengungkapkan bahwa pandangan baru yang dibuat 15 persen lebih tinggi saat adanya tanaman di kantor.

Eksistensi tanaman di dalam kantor bisa juga berkhasiat di dalam kantor yang tak berjendela, sebab berdasarkan sebuah studi lain menceritakan bahwa hadirnya tanaman bisa mengurangi lelah, meningkatkan konsentrasi, menurunkan tekanan darah, dan yang paling penting, meningkatkan angka produktivitas pada karyawan.

 

Artikel Terkait: Jasa Desain Interior Kantor

Related Post